Fakta betapa ruginya jika Anda kecanduan minuman beralkohol

Minuman beralkohol dianggap sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh, tetapi beberapa agama melarang orang untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Ternyata larangan itu bukan larangan masalah agama saja, karena ketika Anda kecanduan alkohol akan ada kerugian yang akan Anda dapatkan. Perlu diingat bahwa kecanduan minuman beralkohol akan menyebabkan kerugian finansial, kesehatan, dan bahkan kehidupan sosial.

Risiko kesehatan

Dari segi kesehatan, alkohol jelas memiliki efek negatif pada organ. Salah satunya merusak fungsi hati dan menyebabkan kanker. Berdasarkan penelitian, alkohol telah terbukti mengurangi kinerja hati sehingga hati tidak bisa lagi secara optimal memerangi zat negatif yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu zat negatif adalah karsinogen. Artinya, mengonsumsi minuman beralkohol sama dengan mengekspos diri Anda pada risiko tinggi kanker. Lebih lanjut, senyawa etanol yang mengandung alkohol dapat merusak sistem saraf. Jadi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, manusia dapat mengalami koma atau kematian mendadak.

Risiko finansial

Setidaknya pecandu alkohol dibagi menjadi tiga, yaitu: peminum ringan yang minum 1 botol bir atau kurang setiap hari, peminum kelas menengah yang minum 1- 4 botol bir setiap hari, dan peminum berat yang minum kurang lebih 4 botol bir sehari.

Asumsinya adalah jika Anda seorang peminum kelas ringan, Anda akan menghabiskan 30 botol bir setiap bulan di mana harga sebotol bir di pasar adalah sekitar 25 ribu rupiah. Ini berarti bahwa dalam sebulan Anda menghabiskan 750 ribu rupiah hanya untuk minuman yang dapat merusak kesehatan.

Lalu  jika Anda seorang peminum berat, Anda kehilangan 2,5 juta rupiah setiap bulan. Belum lagi jika Anda sakit dan tidak mempunyai asuransi kesehatan, maka akan ada biaya lain yang harus Anda bayar kemudian karena penyakit yang disebabkan oleh kecanduan alkohol Anda.

Info lainnya:  Apakah Anda ingin memiliki perut six pack dalam 1 bulan? Berikut adalah 4 tips terbaik yang dapat Anda lakukan

Risiko sosial

Sebuah penelitian yang dikutip oleh Irish Times mengungkapkan bahwa tingkat kecanduan alkohol di Irlandia memiliki dampak negatif pada masalah sosial. Pengaruh minuman beralkohol menyebabkan berbagai jenis masalah, mulai dari pengurangan produktivitas tenaga kerja, kecelakaan, kejahatan, dll.

Bahkan, tampaknya kerugian ekonomi Irlandia adalah hilangnya rumah sakit, stadion olahraga, bahkan satu jet baru per menteri per tahun yang sebenarnya dapat dibeli dari kerugian karena ketergantungan masyarakatnya pada minuman beralkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *